6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Jumat, April 15th 2016. | Kesehatan, Lifestyle

Cara menghilangkan bau ketiak bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan bahan kimia dan menggunakan cara alami. Kedua cara ini memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Dengan menggunakan bahan kimia, masalah bau badan Anda bisa diatasi dengan baik dan segera. Namun demikian, nilai minusnya yaitu ketiak justru akan menghitam. Jika dilakukan dengan cara alami, nilai plusnya adalah hasilnya akan sangat memuaskan dan bahkan tidak akan timbul lagi meskipun Anda tidak menggunakannya lagi. Namun nilai minusnya yaitu, menggunakan cara alami berarti Anda harus menggunakan waktu dan tenaga. Cara menghilangkan bau ketiak dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti daun sirih, kemangi, timun, bubuk kopi dan juga menjaga kebersihan ketiak.

Namun demikian tenaga yang digunakan tidak banyak, demikian waktu yang Anda gunakan. Namun demikian bagi sebagian yang sangat memerlukan banyak waktu seperti wanita karier maka mungkin akan sulit menemukan waktu yang tepat. Maka cara instan bisa Anda lakukan, sedangkan Anda bisa menggunakan cara alami ketika sedang libur. Adapun pemicu dari munculnya bau ketiak salah satunya adalah karena keringat yang berlebih dan kurangnya kebersihan. Nah, berikut ini cara menghilangkan bau ketiak:

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

1.      Jaga kebersihan ketiak

Ketiak memang berada di tempat tersembunyi dari tubuh, namun jika sudah terkontaminasi oleh bakteri, maka akan menimbulkan bau yang tidak bisa disembunyikan. Karenanya jagalah kebersihan ketiak dengan mencukur bulu ketiak setidaknya 1 bulan sekali.

2.      Tidak menggunakan bedak

Banyak sekali yang sering melakukan cara ini, menghilangkan bau ketiak dengan menaburkan bedak pada ketiak. Hal ini tidak bisa dibenarkan, pasalnya bedak yang Anda pakai akan habis masa wanginya. Dan ketika habis wanginya, sisa bedak justru akan tertinggal pada lekuk-lekuk garis pada ketiak. Hal ini justru akan menimbulkan aroma tak sedap dari ketiak Anda.

3.      Timun

Jika bau tersebut sangat mengganggu, maka dengan menghindari hal-hal penyebab timbulnya bau saja tidak akan cukup. Maka Anda harus melakukan pengobatan dengan menggunakan berbagai bahan, misalnya timun. Karena timun ini merupakan buah memiliki anti bakteri, sehingga Anda bisa menggunakannya setiap saat setelah mandi. Adapun caranya adalah dengan memotong timun, kemudian gosokkan bagian dalam timun pada ketiak. Lakukan ini secara rutin maka Anda akan mendapatkan khasiatnya.

4.      Bubuk kopi

Cara menghilangkan bau ketiak yang lain adalah dengan menggunakan kopi. Kopi memang sangat ampuh untuk mengatasi bau menyengat, tidak terkecuali pada bagian ketiak. Jika bau pada ketiak tidak kunjung pergi, maka Anda bisa mencoba mengusir bau ini dengan menggunakan kopi. Caranya sangat mudah, ambil beberapa sendok kopi bubuk, kemudian campur dengan sedikit air dan aduk rata hingga menjadi pasta. Kemudian gosok-gosokkan perlahan pada ketiak dan diamkan sesaat. Jika dirasa telah kering, bilas hingga bersih. Lakukan hal ini berulang kali, maka khasiat menakjubkan akan Anda dapatkan.

5.      Daun Sirih

Selain dengan menggunakan bahan-bahan di atas, Anda juga dapat menggunakan daun sirih untuk menghilangkan aroma tak sedap pada bagian ketiak ini. Adapun caranya adalah dengan tumbuk halus daun sirih dan gosokkan pada ketiak setiap kali sebelum mandi. Anda juga bisa merebus daun sirih dan meminum airnya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

6.      Kemangi

Daun kemangi juga kita manfaatkan sebagai pengusir aroma tak sedap. Adapun caranya adalah dengan sering memakan daun ini, sehingga selain mengusir bau ketiak juga dapat mengusir bau mulut.

Lihat Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya

Demikian tadi cara menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan bahan alami yang bisa kita gunakan. Namun dengan menggunakan bahan alami ini, maka Anda harus telaten dalam melakukannya karena jika tidak telaten maka bau ketiak mungkin tidak bisa hilang begitu saja.

tags: , , ,