6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Selasa, April 5th 2016. | Kesehatan

Jangan Buru-Buru Pakai Bahan Kimia, Kalau Cara Menghilangkan Bekas Luka Alami Ini Belum Anda Coba. Cara menghilangkan bekas luka ternyata bisa menggunakan kebaikan bahan alami. Bahan alami ini, adalah bahan-bahan yang sangat mudah kita dapatkan di pasar tradisional atau bahkan di dapur kita sendiri. Namun karena kurangnya pengetahuan, maka hampir semua orang selalu berpikir untuk menggunakan bahan kimia sebelum menggunakan bahan alami. Karenanya jika Anda memiliki luka lama yang bekasnya tak kunjung hilang, maka sebaiknya Anda coba beberapa obat tradisional penghilang bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami, misalnya dengan menggunakan madu, timun, minyak zaitun, jeruk nipis dan lidah buaya.

Dalam melakukan sebuah pekerjaan adakalanya kita terkena benda-benda yang dapat melukai kulit kita baik benda tajam maupun benda tumpul. Dan terkadang, luka tersebut menyisakan bekas yang tidak mudah hilang, dan bahkan berbekas. Jika bekas luka itu berada di daerah yang tertutup oleh baju, maka mungkin Anda tidak merisaukannya. Namun bekas luka yang berada di daerah terbuka tidak hanya dapat merusak penampilan, akan tetapi juga dapat membuat Anda tidak percaya diri. Nah, untuk menghilangkannya, cobalah cara alami yang menggunakan bahan tradisional berikut ini.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

1.      Madu

Cara menghilangkan bekas luka yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Madu merupakan bahan alami yang dibentuk oleh lebah. Cairan kental ini memiliki rasa manis dengan sedikit asam dan sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Banyak sekali kandungan vitamin di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh bahkan untuk kulit. Adapun cara menggunakan madu sebagai penghilang bekas luka yaitu dengan cara mengoleskan pada bekas luka dan biarkan hingga 20 menit, dan lakukan setiap hari.

2.      Lidah buaya

Kita juga bisa menghilangkan bekas luka dengan menggunakan lidah buaya. Caranya yaitu oleskan gel lidah buaya pada bekas luka setidaknya dua kali dalam sehari dan lakukan setiap hari. Sehingga kandungan asam amino dan lagimin yang berguna untuk merangsang sel kulit pada lidah buaya dapat berfungsi dengan baik.

3.      Jeruk nipis

Jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk kulit, misalnya untuk mengencangkan dan menyamarkan bekas luka yang menghitam. Caranya yaitu, oleskan jeruk nipis pada bekas luka dengan menggosokkannya. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari dan lakukan secara teratur setiap hari.

4.      Minyak zaitun

Minyak zaitun memang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Caranya juga sangat mudah, oleskan pada kulit yang terdapat bekas luka kemudian sedikit lakukan pemijatan. Lakukan setiap hari untuk hasil yang memuaskan.

5.      Buah mentimun

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Jika biasanya Anda menggunakannya sebagai lalapan, maka kali ini Anda bisa menggunakan buah mentimun sebagai penghilang bekas luka. Adapun caranya yaitu ambil satu buah mentimun atau secukupnya. Kemudian cuci hingga bersih, dan parut atau blender hingga halus dan balurkan pada luka dan tutup dengan menggunakan perban agar tidak berserakan. Sebaiknya dilakukan di malam hari dan Anda bisa membukanya pada pagi hari.

6.      Daun pare

Anda tentu tahu pare bukan? Pare yang memiliki rasa pahit ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Tidak hanya buahnya, namun juga daunnya yang berbentuk seperti bintang ini. Caranya, ambillah daun pare dan cuci hingga bersih. Kemudian haluskan dan tambahkan dengan sedikit air hangat, lalu peras. Lalu, tambahkan air perasan ini dengan dua sendok makan tepung beras hingga berbentuk adonan dan oleskan pada bekas luka. Kemudian biarkan hingga mengering dan bilas hingga bersih.

Lihat Juga: Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami pada wanita

Nah, demikian tadi cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan bahan alami. Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat.

tags: ,