Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Kamis, April 7th 2016. | Kesehatan

Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Akibat Koreng Atau Karena Goresan, Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang menghitam akibat koreng atau karena tergores benda tumpul dan benda tajam bisa diobati dengan menggunakan dua cara. Cara pertama yaitu dengan menggunakan salep yang bisa kita beli di apotek, salep ini telah dirancang khusus untuk membantu mencerahkan kulit. Sedangkan kandungannya secara detail dan efek sampingnya hanya para dokter yang tahu. Namun demikian, kita juga bisa mengetahuinya dari komposisi yang tertera pada bungkus kemasan. Tidak hanya komposisi, namun juga kontra indikasi dan efek sampingnya. Cara menghilangkan bekas luka di kaki bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara, yang pertama yaitu dengan menggunakan salep dari dokter dan menggunakan bahan alami.

Sedangkan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan bahan tradisional. Bahan-bahan ini sebenarnya telah disediakan oleh alam untuk kita, namun karena keterbatasan ilmu kita terkadang kita telat dalam memahaminya. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah dengan bekas luka yang ada di kaki atau di kulit yang lain, maka bisa segera mencerahkannya kembali dengan menggunakan bahan alami. Adapun bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai penghilang bekas luka antara lain sebagai berikut.

1.      Kencur

Bekas luka koreng yang menghitam pada kaki, bisa segera diatasi dengan menggunakan kencur. Caranya yaitu dengan memadukannya bersama beras yang telah direndam dalam air selama 15 menit. Ambil masing-masing satu ons beras dan 1 ons kencur, kemudian tumbuk kedua bahan ini hingga halus dan usapkan pada bekas luka yang menghitam. Jika hal ini dilakukan setiap hari selama dua Minggu berturut-turut, maka bekas luka pada kaki berangsur-angsur akan memudar dan hilang.

2.      Putih telur

Cara menghilangkan bekas luka di kaki bisa juga dihilangkan dengan menggunakan putih telur. Aroma putih telur mentah memang tidak sedap karena sangat amis. Namun dibalik aroma amisnya ini, kita bisa mengambil manfaat yang belum tentu bisa kita dapatkan dari bahan lainnya. Putih telur bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kaki, caranya sangat mudah yaitu cukup mengoleskannya pada bekas luka hingga terasa kaku dan bilas hingga bersih. Selain bisa digunakan secara langsung, bisa juga digunakan dengan mengkombinasikannya dengan beberapa bahan yang lain seperti lemon atau madu.

3.      Kopi

Selain dapat diminum dan bermanfaat untuk mencegah kantuk, kopi juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kopi dengan berbagai macam kandungannya ini bisa Anda manfaatkan sebagai pencerah kulit, dan bahkan penghilang bekas luka yang menghitam. Caranya sangat mudah, Anda bisa membuat pasta dari kopi dan air, kemudian oleskan pada bekas luka berkali-kali hingga bekas luka hilang.

4.      Minyak kelapa

Minyak kelapa asli yang dibuat tanpa campuran bahan lain juga bisa bermanfaat sebagai penghilang bekas luka. Caranya sangat mudah, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara teratur selama 2 minggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

5.      Daging kelapa

Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan daging kelapa sebagai penghilang bekas luka. Adapun caranya yaitu siapkan satu butir kelapa, kemudian bagi dua dagingnya. Bakar separuh u hingga hangus kemudian haluskan. Tambahkan bubuk kelapa ini dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Aduk kedua bahan ini hingga menjadi pasta, lalu oleskan dengan menggunakan kapas pada bagian bekas luka.

Lihat Juga: Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah Paling Ampuh

Obat tradisional di atas sangat aman meskipun Anda gunakan setiap hari. Selain itu, harganya tergolong murah sehingga tidak membuat Anda mengeluarkan banyak uang. Untuk mengobati bekas luka memang diperlukan ketelatenan, meskipun Anda menggunakan salep dari dokter. Karena kedua bahan ini, yaitu salep dari dokter dan bahan tradisional, sama-sama harus digunakan secara teratur. Demikian tadi cara menghilangkan bekas luka di kaki, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

tags: ,