Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Kamis, Maret 31st 2016. | Kesehatan

Cara menghilangkan keputihan akan sangat membantu wanita untuk menjaga kesehatan organ intimnya. Biasanya keputihan sering terjadi pada saat sebelum menstruasi atau sesudahnya. Hal ini disebabkan oleh adanya bakteri atau jamur yang menempel dan hidup pada organ vital wanita. Bisa juga disebabkan karena masalah hormonal atau perubahan hormon. Saat keputihan menyerang, organ vital akan terasa gatal dan tidak nyaman. Hamper semua wanita pernah mengalami keputihan. Akan tetapi apabila dibiarkan, keputihan dapat mengakibatkan masalah yang cukup serius. Karena itulah artikel ini akan membahas tentang keputihan lebih lanjut. Cara menghilangkan keputihan pada wanita adalah suatu informasi berharga yang sudah semestinya diketahui oleh semua wanita yang ingin menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Pada masa subur keputihan biasanya terjadi. Masa subur adalah beberapa hari sebelum menstruasi dan beberapa hari setelah menstruasi. Apabila terjadi keputihan dalam periode subur ini, maka bukan merupakan suatu hal yang berbahaya. Karena itu terjadi secara alamiah untuk membersihkan organ kewanitaan dan karena perubahan hormon. Sedangkan apabila keputihan terjadi di luar masa subur, maka Anda perlu menaruh perhatian untuk segera melakukan langkah yang diperlukan. Cara menghilangkan keputihan perlu Anda ketahui guna menjaga organ kewanitaan Anda agar tetap sehat dan terawatt dengan baik sehingga terhindar dari penyakit yang membahayakan kesehatan Anda.

Cara Menghilangkan Keputihan

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan keputihan yang penting Anda ketahui. Pertama, selalu pakai pembalut yang sesuai dengan kulit Anda. Saat ini hamper semua wanita menggunakan pembalut ketika sedang menstruasi untuk menyerap darah yang keluar dari organ kewanitaan. Ketika memilih pembalut, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda memilih pembalut yang tidak tepat, bisa menyebabkan masalah seperti keputihan. Selain memperhatikan ukuran, bahan yang digunakan oleh pembalut juga penting. Jangan sampai pembalut Anda memiliki bahan yang tidak cocok untuk daerah kewanitaan yang sensitive. Untuk menjaga kebersihan, ganti pembalut secara berkala beberapa jam sekali.

Kedua, hindari stress dan jagalah kesehatan dan kebugaran tubuh dengan olahraga. Stress merupakan salah satu factor yang memicu terjadinya keputihan. Dengan melakukan olahraga secara teratur, stress akan berkurang dan tubuh pun akan lebih bugar. Tubuh yang sehat akan membuat tubuh lebih tahan terhadap bakteri, termasuk pada area kewanitaan. Sehingga keputihan dapat Anda atasi dengan cara ini. Olahraga adalah cara menghilangkan keputihan yang bisa Anda lakukan dalam berbagai cara. Yang terpenting adalah lakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Mengonsumsi minuman yang baik seperti susu dan yogurt juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah keputihan. Ketiga adalah memakai bahan herbal seperti daun sirih. Tanaman herbal ini adalah tanaman yang berkembang dan berasal dari Indonesia. Di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang bisa melawan kuman atau bakteri dan jamur. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari daun sirih dan membasmi kuman penyebab keputihan, lakukan cara berikut. Ambil beberapa daun sirih yang sudah Anda bersihkan dengan air yang mengalir. Lalu, taruh dalam panci dan rebus dengan api sedang hingga mendidih. Dinginkan sampai air daun sirih berubah jadi hangat. Cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih adalah dengan membasuh organ intim Anda menggunakan air rebusan daun sirih.

Lihat Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Super Cepat

Apabila beberapa cara diatas sudah Anda lakukan dan keputihan tetap belum teratasi, segera kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin yang ada di sekitar Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, karena ini menyangkut organ vital yang cukup rentan. Jika dibiarkan akan semakin parah. Dan jika tidak segera diobati, maka akan mengundang penyakit lain yang lebih berbahaya lagi. Semoga cara menghilangkan keputihan ini bermanfaat untuk Anda.

tags: , ,